EMBER / BAK SORTIR UNTUK PEMBENIHAN DAN PEMBESARAN IKAN

Ember atau Bak karet Berlubang-lubang yang berfungsi untuk mensortir atau memilah ikan berdasarkan ukuran. Dapat digunakan untuk segala jenis ikan : lele, gurami, bawal, nila, tawas, patin, dll.

 
1 Set untuk benih (10 pcs)
Ukuran 1-2, 2-3, 3-4, 4-5, 5-6, 6-7, 7-8, 8-9, 9-10, 10-11

1 Set untuk konsumsi (5 pcs)
Ukuran LBG = Lele baru gede
Ukuran RMJ = Lele remaja
Ukuran Konsumsi1 = 1 kg isi 10 - 12 ekor
Ukuran Konsumsi2 = 1 kg isi 8 - 10 ekor
Ukuran Konsumsi3 = 1 kg isi 6 - 8 ekor





UKURAN DIAMETER LUBANG
1-2 4 mm
2-3 5 mm
3-4 6 mm
4-5 8 mm
5-6 9 mm
6-7 11 mm
7-8 12 mm
8-9 14 mm
9-10 16 mm
10-11 19 mm
LBG 21 mm
RMJ 28 mm
Konsumsi1 35 mm
Konsumsi2 37 mm
Konsumsi3 44 mm


DAPATKAN PROBIOTIK PERIKANAN INOVASI TERKINI
PEMACU PERTUMBUHAN + PENGOLAH KUALITAS AIR + PENGOBATAN IKAN

Cara Pemesanan Barang dapat dilakukan melalui SMS, Email, dan Facebook.
1. Kirim Pesan : Jumlah Barang, Jenis Barang, Wilayah (Kota/Kab.)
2.  Tunggu Balasan SMS Informasi Harga dan Biaya Pengiriman
3. Lakukan Pembayaran dan Konfirmasi segera Pembayaran :
Jumlah Dana, Bank, Nama Barang, Alamat Lengkap
4. Kami akan segera memproses penerimaan dana dan mengirimkan barang secepatnya

Melayani Pengiriman Buku Peternakan ke seluruh Nusantara :Pulau Sumatra Nanggroe Aceh Darussalam NAD Daerah Istimewa Ibu Kota Banda Aceh Sumatera Utara Sumut Medan Sumatera Barat Sumbar Padang Bengkulu Bengkulu Riau Pekan Baru Kepulauan Riau Kepri Tanjung Pinang Jambi Jambi Sumatera Selatan Sumsel Palembang Lampung Bandar Lampung Kepulauan Bangka Belitung Babel Pangkal Pinang Pulau Jawa DKI Jakarta Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Jakarta Jawa Barat Jabar Bandung Banten Serang Jawa Tengah Jateng Semarang DI Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta Yogyakarta Jawa Timur Jatim Surabaya Pulau Kalimantan Kalimantan Barat Kalbar Pontianak Kalimantan Tengah Kalteng Palangkaraya Kalimantan Selatan Kalsel Banjarmasin Kalimantan Timur Kaltim Samarinda Nusa Tenggara Bali Denpasar Nusa Tenggara Barat Mataram Nusa Tenggara Timur Kupang Pulau Sulawesi Sulawesi Barat Sulbar Mamuju Sulawesi Utara Sulut Manado Sulawesi Tengah Sulteng Palu Sulawesi Selatan Sulsel Makasar Sulawesi Tenggara Sultra Kendari Gorontalo Gorontalo Kepulauan Maluku dan Pulau Papua  Maluku Ambon Maluku Utara Ternate Papua Barat Sorong Papua Daerah Khusus Jayapura Papua Barat Daerah Khusus Manokwari

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT :
Hindari Sortir Benih Ikan Lele Lalu Di Campur Ke Kolam Yang Lain

Ada banyak kesalahan yang dilakukan oleh Petani (pemerlihara ikan), baik di kolam galian tanah atau kolam terpal, khususnya dalam hal ini pemeliharaan Ikan Lele Sangkuriang. Petani atau pelaku usaha Ikan Lele Sangkuriang sering mengabaikan metoda atau cara pemeliharaan yang preventif (pencegahan) wabah penyakit. Petani dengan lincahnya masuk kedalam satu kolam lalu berpindah ke kolam yang lain. Bahkan juga dengan entengnya memindahkan atau menyortir Lele dalam satu kolam digabung ke kolam berikutnya. Bila kondisi ikan Lele Sangkuriang yang diperlihara sehat, maka pemindahan ikan dari satu kolam ke kolam lain atau proses sortir nyaris tidak ada masalah. Semua tindakan yang dilakukan diatas akan menyebabkan benih ikan Lele yang dipelihara stress.

Tapi masalah besar akan terjadi bila ada beberapa benih ikan Lele yang mengalami sakit, seperti: penyakit moncong putih, badan kuning dan penyakit badan ikan Lele yang totol luka. Penyakit ini diakibatkan oleh bakteri dan jamur. Bila benih ikan Lele Sangkuriang mengalami penyakit diatas maka proses pemindahan dan sortir akan segera memacu terjadinya wabah yang sangat merugikan. Awalnya cuma satu kolam yang tertular penyakit ini, dalam seketika bisa menjadi wabah yang mematikanpada semua kolam terpal yang ada.

Adapun penyebab tindakan pemindahan benih ikan Lele dari satu kolam ke kolam lain atau sortir akan menjadi wabah, adalah dikarenakan beberapa hal dibawah ini:
1. benih ikan Lele akan mengalami stress,
2. akan terjadi perkelahian antara benih ikan Lele yang dicampur alias sortir,
3. akibat dua faktro diatas, benih ikan Lele akan berkurang konsumsi makannya,

Bila ada beberapa benih ikan Lele yang mengalami penyakit, maka selain proses pemindahan benih ikan dan sortir akan mempercepat proses penenularan penyakit tapi juga kondisi benih ikan Lele yang sedang tidak fit (sehat), akan membuat penyakit jadi wabah yang sangat merugikan petani ikan.

Saran; satu, sebaiknya hindari proses sortir dan menggabungkan ikan dari satu kolam ke kolam yang lain; dua, sediakan satu atau dua kolam kecil untuk penyortiran. Bisa untuk tempat sementara benih ikan Lele yang mau dijual, atau tempat penanganan benih ikan Lele yang sedang mengalami penyakit; tiga, penanganan kolam benih ikan Lele yang sedang sakit alias bermasalah harus terpisah dan terakhir. Supaya kita menghindari kontamiasi ke kolam yang lain; empat, kalaupun mau melakukan sortir benih ikan Lele sebaiknya dilakukan pada sore atau malam hari. Hal ini hanya untuk mengurangi stress pada benih ikan Lele; campurkan endrop (cairan stress pada ayam) pada pakan benih ikan Lele. Berikan pakan campuran tersebut enam jam sebelum benih ikan Lele di sortir. Juga berikan pakan campuran yang sama pada pagi esok harinya.
Sumber : Peternakan Lele Sangkuriang


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...